Pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi: Kepercayaan diri sebagai variabel moderating

Pusponegoro, Nurhita Galuh (2008) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi: Kepercayaan diri sebagai variabel moderating. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (7MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47MB)

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Kecerdasan emosional diukur dengan pengenalan diri,pengendalian diri, motivasi,empati dan keterampilan sosial. Penelitian ini juga meneliti pengaruh kepercayaan diri sebagai variabel moderating terhadap hubungan kecerdasan emosional dengan tingkat pemahaman akuntansi. Sampel yang digunakanan pada penelitian ini adalah mahasiswa jurusan akuntansi Universitas Widya Mandala Madiun dan Universitas Medeka Madiun.Karakteristik responden pada penelitian ini adalah mahasiswa yang sudah menempuh mata kuliah akuntansi yaitu PA 1, PA 2, AKM 1, AKM 2, AKL 1,AKL 2, Auditing 1, Auditing 2, dan TA. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan pengaruh kecerdasan emosional yang terdiri dari lima variabel secara berurutan mempunyai pengaruh positif terhadap terhadap pemahaman akuntansi. Hasil uji t dengan tingkat signifkansi<0,05 untuk variabel pengenalan diri sebesar 0,042, pengendalian diri 0,101, motivasi 0,359, empati 0,156,keterampilan sosial 0,359. dari kelima variabel tersebut hanya variabel pengenalan dirilah yang berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Untuk kepercayaan diri sebagai variabel moderating dalam penelitian ini tidak terbukti sebagai variabel yang memoderasi hubungan antara kecerdasan emosional dengan tingkat pemahaman akuntansi. Hal ini dibuktikan dari hasil selisih absolute dengan tingkat signifikansi < 0,05 menghasilkan, pengenalan diri 0,326,pengendalian diri 0,118, motivasi 0,115, empati 0,383, dan keterampilan sosial 0,295.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosional, kepercayaan diri, tingkat pemahaman akuntansi
Subjects: Faculty of Economics
Faculty of Economics > Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis > Prodi Akuntansi
Depositing User: Petrus Suwandi
Date Deposited: 08 Nov 2023 04:38
Last Modified: 08 Nov 2023 04:38
URI: http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/2687

Actions (login required)

View Item View Item