Analisis perilaku biaya: Stickiness cost biaya pemasaran, administrasi dan umum pada penjualan bersih (net sales) (Studi empiris perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI)

Septiana, Vonny Widya (2010) Analisis perilaku biaya: Stickiness cost biaya pemasaran, administrasi dan umum pada penjualan bersih (net sales) (Studi empiris perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (8MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empirik atas perilaku stickiness biaya-biaya pemasaran, administrasi, dan umum pada perusahaan-perusahaan manufaktur di Indonesia. Penelitian ini juga menguji perilaku stickiness perusahaan-perusahaan manufaktur di Indonesia selama pertumbuhan ekonomi makro, dan untuk membuktikan hubungan dari perilaku stickiness cost pada biaya-biaya pemasaran, administrasi, dan umum terhadap intensitas asset (asset intensity) serta intensitas karyawan (employee intensity) pada perusahaan-perusahaan manufaktur di Indonesia. Sampel penelitian, yaitu perusahaan-perusahaan manufaktur yang listing di BEI pada tahun 1994 - 1996 (sebelum krisis ekonomi) dan 2006 -2008 (sesudah krisis ekonomi), yang diperoleh dengan dalam penelitian ini menggunakan model regresi dalam logaritma dan menggunakan variabel dummy. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada tahun penelitian sebelum dan sesudah krisis ekonomi menunjukkan bahwa variasi kenaikan/penurunan biaya pemasaran, administrasi, dan umum pada saat penjualan bersih naik tidak lebih tinggi dibanding variasi kenaikan/penurunan biaya pemasaran, administrasi, dan umum pada saat penjualan bersih turun. Stickiness pada biaya pemasaran,administrasi dan umum pada masing-masing perusahaan manufaktur, baik pada saat sebelum dan setelah krisis ekonomi tidak akan meningkat selama periode dimana secara makro ekonomi tumbuh. Pada saat sebelum dan sesudah krisis ekonomi, menunjukkan bahwa tingkat stickiness pada biaya pemasaran,administrasi dan umum tidak meningkat sesuai dengan asset intensity (rasio total asset terhadap penjualan bersih) perusahaan. Untuk waktu sebelum dan sesudah krisis juga menunjukkan bahwa tingkat stickiness pada biaya pemasaran,administrasi dan umum tidak naik bersamaan dengan employee intensity (rasio jumlah pekerja terhadap penjualan bersih) perusahaan. Berdasarkan hal tersebut,maka keseluruhan hipotesis yang digunakan dalam penelitian adalah ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Stickiness cost, biaya pemasaran, administrasi, dan umum, pertumbuhan makroekonomi, intensitas asset, intensitas karyawan
Subjects: Faculty of Economics
Faculty of Economics > Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis > Prodi Akuntansi
Depositing User: Petrus Suwandi
Date Deposited: 22 Nov 2023 09:05
Last Modified: 22 Nov 2023 09:05
URI: http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/2705

Actions (login required)

View Item View Item