Efektivitas metode stratta dan pengaruh perbedaan jenis kelamin dalam pengajaran apresiasi cerpen siswa SMAK Bonaventura Madiun

Napang, Tobias (1991) Efektivitas metode stratta dan pengaruh perbedaan jenis kelamin dalam pengajaran apresiasi cerpen siswa SMAK Bonaventura Madiun. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (317kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (538kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (291kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pengajaran sastra di SMA memiliki tujuan agar para siswa memiliki pengetahuan yang memadai tentang sastra dan kemampuan mengapresiasi karya sastra secara memadai pula. Oleh karena itu, para guru harus memperhatikan kedua hal tersebut, yaitu pengajaran tentang sastra dan pengajaran apresiasi sastra. Akan tetapi, para guru lebih memperhatikan pengajaran tentang sastra daripada pengajaran apresiasi sastra. Kenyataan sepeeti inilah yang mengundangg sorotan para ahli sastra. Banyak tulisan yang menyoroti metode pengajaran antara yang lebih menekankan pemberian pengetahuan sastra saja kepada para siswa. Berkaitan dengan metode penjaran sastra, Wardani mengajukan metode stratta untuk pengajaran apresiasi prosa. metode ini terdiri atas tiga tingkat atau tiga tahap, yaitu tahap penjelajahan, tahap interpretasi, dan tahap re-kreasi. Menurut Wardani metode stratta ini sangat efektif untuk pengajaran apresiasi prosa karena lebih banyak melibatkan aktivitas dan kreativitas para siswa...(selengkapnya dapat dilihat di file ABSTRAK)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Stratta, jenis kelamin, apresiasi cerpen
Subjects: Faculty of Teacher Training and Education
Faculty of Teacher Training and Education > Education of Indonesian Language and Literature
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Petrus Suwandi
Date Deposited: 02 Sep 2025 07:06
Last Modified: 02 Sep 2025 07:06
URI: http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/3102

Actions (login required)

View Item View Item