Analisis pengaruh karakteristik konsumen terhadap pengambilan keputusan memilih produk susu sapi (studi kasus perusahaan susu sapi Nglames Madiun)

Susanto, Rony (2002) Analisis pengaruh karakteristik konsumen terhadap pengambilan keputusan memilih produk susu sapi (studi kasus perusahaan susu sapi Nglames Madiun). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.PDF

Download (361kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (446kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.PDF
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.PDF

Download (343kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.PDF
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Konsumen mempunyai peranan yang sangat penting bagi perusahaan. Dengan pengetahuan tentang perilaku konsumen yang baik akan memberikan masukan bagi perusahaan untuk kegiatan usahanya baik untuk kegiatan yang sedang dijalankan maupun yang akan direncanakan agar dapat mengdentifikasi peluang-peluang yang pada akhirnya dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh perusahaan. Seperti halnya dengan produk susu sapi di mana dengan perkembangan perusahaan susu sapi di Madiun menyebabkan tingkat persaingan yang semakin ketat. Dengan tingkat persaingan yang semakin ketat maka perusahaan harus menyadari bahwa strategi –strategi pemasaran yang disusun belum mencukupi apabila tidak disertai dengan pengetahuan tentang perilaku konsumen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus pada Perusahaan Susu Sapi Nglames Madiun yang sumber datanya sekunder berasal dari data primer (data yang berasal dari sumber aslinya dan data sekunder(data yang diperoleh dari objek penelitian setelah melalui proses pengolahan), sedangkan prosedur pengmpulan data dengan wawancara, kuesioner, serta metode analisis menggunakan metode analisis Chi Square untuk mengetahui apakah ada ketergantungan antara karakteristik konsumen dengan bauran pemasaran ( Marketing mix) dari Perusahaan Susu Sapi Nglames Madiun. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan bantuan program komputer (program mikrostat) dapat disimpuklkan sebagai berikut: 1. Sebagian besar konsumen produk susu sapi dari perusahaan Susu Sapi Nglames Madiu yaitu responden dengan jenis kelamin wanita, dengan usia 25-49 tahun, pendidikan SLTA , pekerjaan wiraswasta dengan penghsilan Rp. 300.000,- sampai Rp. 699.999,- per bulan, dengan ukuran pembelian 330 cc, dan pilihan rasa putih biasa. 2. Faktor bauran pemasaran yang banyak berpengaruh terhadap keputusan memilih adalah rasa/aroma. Dari hasil pengujian tersebut diharapkan agar perusahaan lebih memperhatikan faktor rasa/aroma dari produk yang dihasilkan. Di samping itu faktor-faktor lain seperti pemberian discount untuk pembelian dalam jumlah tertentu, harga yang relatif murah, dan promosi, karena faktor-faktor tersebut dari hasil pengujian terbukti juga berpengaruh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik konsumen, perkembangan perusahaan, produk susu sapi
Subjects: Faculty of Economics
Faculty of Economics > Management
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Petrus Suwandi
Date Deposited: 09 Nov 2023 02:43
Last Modified: 09 Nov 2023 02:43
URI: http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/2270

Actions (login required)

View Item View Item