Analisis kesalahan menulis paragraf siswa kelas I SLTP Negeri 1 Panekan

Ngarsini, Sri (2001) Analisis kesalahan menulis paragraf siswa kelas I SLTP Negeri 1 Panekan. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .PDF

Download (381kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.PDF

Download (150kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.PDF
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.PDF
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV .PDF
Restricted to Registered users only

Download (754kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.PDF

Download (100kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN .PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bahasa sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat. Sebab setiap manusia dalam melakukan kegiatan sehari-sehari selalu membutuhkan bahasa sebagai alat untuk berkomunikasi. Bahasa dipakai sebagai alat untuk menyatakan ekspresi, sebagai alat untuk mengadakan integrasi, dan sebagai alat untuk mengadakan interaksi Dengan bahasa kita dapat berkomunikasi untuk menyatakan perasaan pikiran, pengalama, harapan, dan sebagainya kepala orang lain. Pengungkapan perasaan, pikiran, pengalaman, harapan, dan sebagainya harus menggunakan kaidah atau norma yang telah ditentukan. Hal ini dimaksudkan agar pengungkapan itu bisa menghasilkan bahasa yang jelas dan mudah dipahami.tanpa memperhatikan kaidah atau norma, maka pengungkapan gagasan seseorang akan sulit dipahami oleh orang lain. Untuk itu, berkomunikasi sangat membutuhkan kemahiran berbahasa di antara berbahasa tulis atau menulis Menulis adalah suatu aktivitas komunikasi yang menggunakan bahasa sebagai mediumnya. Pesan adalah isi atau muatan yang terkandung dalam suatu tulisan. Adapaun tulisan merupakan sebuah komunikasi antar manusia yang menggunakan simbol atau lambang yang dapat dilihat disepakati pemakaiannya Berbicara tentang aktivitas menulis, biasanya banyak diantara kita yang menyukainya, bahkan dikalangan terpelajar sekali pun. Dibandingkan dengan menyimak, berbicara dan membaca frekuensi aktivitas disekolah menempati peringkat yang paling rendah. Hal inilah mendorong penulis melakukan penelitian kemampuan menulis paragraph siswa kelas I SLTP negeri 1Panekan Kesalahan menulis paragraph perlu diteliti, karena keterampilan menulis paragraph melandasi keterampilan menulis apa pun jenisnya Berkaitan dengan keterampilan menulis paragraph, skripsi ini bertujuan mendeskripsikan tipe kesalahan menulis paragraf siswa kelas I SLTP negeri 1 Panekan ditinjau dari segi kesatuan dan kepaduan. Kesalahan yang dimaksud meliputi : 1. Kesalahan menulis gagasan/ide pokok dalam paragraf karangan 2. Kesalahan menghubungkan kalimat dalam paragraf/korensi Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data yang berupa kesalahan-kesalahan menulis paragraf diperoleh dari 132 paragraf siswa Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 95 kesalahan (71,97%) dari 132 paragraf. Kesalahan tersebut meliputi 1 kesalahan kesatuan gagasan dalam paragraf 63 kesalahan (66,32%), dan 2) kesalahan koheresi sebanyak 32 kesalaahn (33,68%) Kesalahan kesatuan gagasan dalam paragraf meliputi a) kesalahan menulis dua gagasan dalam satu paragraf terdapat 38 kesalahan (60,32%) dan b) kesalahan gagasan penjelas menyimpang dari gagasan pokok terdapat 25 kesalahan (39,68%) Kesalahan koherensi sejumlah 32 kesalahan meliputi a) pengulangan kata kunci yang tidak tepat terdapat 11 kesalahan (34,37%), pemakian kata ganti yang tidak tepat sejumlah 15 (46,87%), dan b) perincian dan pikiran yang tidak runtut sejumlah kesalahan (9,38%). Sesuai dengan hasil penelitian ini disarankan agar siswa terampil berbahasa tulis, maka latihan menulis harus sering diberikan. Selain itu, guru bahasa Indonesia harus sering memperhatikan kesalahan-kesalahan bahasa tulis siswa dan bersedia mengoreksi dengan sunguh-sungguh serta mengembalikan kepada siswa. Dengan demikian siswa mngetahui kesalahan-kesalahan cara menulis paragraf dalam bahasa Indonesia agar dibuatnya. Kepada peneliti lanjutan, harap bisa meneliti masalah paragraf yang lebih komprehensif dan memperhatikan aspek pengembangan paragraf seta urutan pikiran atau logika yang dipakai oleh siswa, misalnya pengembangan jenis-jenis alinea.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kesalahan menulis, paragraf, bahasa
Subjects: Faculty of Teacher Training and Education
Faculty of Teacher Training and Education > Education of Indonesian Language and Literature
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Petrus Suwandi
Date Deposited: 20 Oct 2022 08:17
Last Modified: 20 Oct 2022 08:17
URI: http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/2310

Actions (login required)

View Item View Item