Studi tentang hubungan antara banyaknya waktu belajar dan metode belajar dengan prestasi belajar siswa kelas II SLTP Negeri 1 Bungkal tahun pelajaran 1999/2000

Slamet, Mad Nur (1999) Studi tentang hubungan antara banyaknya waktu belajar dan metode belajar dengan prestasi belajar siswa kelas II SLTP Negeri 1 Bungkal tahun pelajaran 1999/2000. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.PDF

Download (10MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.PDF

Download (5MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.PDF
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.PDF
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.PDF
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.PDF

Download (2MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN .PDF
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Prestasi belajar merupakan tingkat penguasaan bahan pelajaran, setelah siswa mempelajari bahan pelajaran pada periode tertentu yang dibuktikan melalui angka raport W.J.S. Poerwodarminto (1976) mengatakan: Prestasi belajar adalah hasil yang telah dicapai. Secara umum prestasi belajar adalah kemampuan maksimal yang telah dicapai oleh siswa, yang ditunjukkan dengan simbol- symbol berupa angka –angka raport. Pengetahuan mengenai cara –cara belajar yang telah efisien pada umumnya yntuk bekerja secara teratur , dan mampu mencapai hasil maksimal, berupa rumus atau pedoman belajar .Dengan bekerja, mengikuti pelajaran secara teratur, menyusun pelajaran secara sistematis disiplin, dan konsentrasi, serta memanfaatkan media dan perpustakaan yang ada, kalau rumus atau pedoman di atas dijalani oleh siswa , maka dapat diperkirakan akan mempengaruhi hasil yang di perolehnya. Namun dalam kenyataan, di sekolah masih banyak terdapat siswa yang prestasinya rendah. Diduga karena faktor lama bekerja dan metode belajar mempunyai pengaruh besar bagi pencapaian prestasi hasil belajar siswa. Bertitik tolak dari pemikiran di atas, penulis ingin membuktikan apakah anggapan tersebut mempunyai kebenaran ke dalam suatu penelitian skripsi dengan judul: Studi Tentang Hubungan Antara Lama Belajar dan Metode Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara lama belajar dan metode belajar dengan prestasi belajar siswa. Dalam penelitian ini 3 (tiga) variable bebas 1: lama belajar, variable bebas 2: metode belajar dan variable terikatnya adalah prestasi belajar siswa. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan pola penelitian diskriptif: yaitu pola penelitian yang merumuskan ada tidaknya hubungan lam belajar dan metode belajar dengan prestasi belajar siswa. Jenis data yang diperlukan adalah data tentng lama belajar, metode belajar dan data tentang prestasi belajar siswa. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalaj metode angket dan documenter. Penelitian ini dilaksnakan pada bulan Mei 1999 pada sekolah SLTP Negeri I Bungkal, Ponorogo. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 (dua) sejumlah 136 siswa semuanya digunakan untuk sampel. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisa dengan menggunakan teknik analisis CHI KWADRAT. Adapun hasilnya adalah sebagai berikut: 1. Hipotesa Minor I “Ada hubungan yang signifikan antara alam belajar dengan prestasi belajar siswa” X2 hitung =8,31 , X2 tabel = 3,841 Karena X2 hitung lebih besar dari X2 tabel maka diterima untuk taraf signifikan 5% Jadi ada hubungan yang signifikan lama belajar dengan prestasi belajar siswa 2. Hipotesa Minor II “Ada hubungan yang signifikan anatara metode belajar dengan prestasi belajar siswa.” X2 hitung = 15,16 , X2 tabel = 3,841 Karena X2 hitung lebih besardari X2 tabel maka diterima untuk taraf signifikan 5% . Jadi ada hubungan yang signifi8kan metode belajar dengan prestasi belajar siswa. 3. Hipotesa Mayor “Ada hubungan yang signifi8kan antara lama belajar dan metode belajar dengan prestasi belajar siswa.” X2 hitung = 14,23 , X2 tabel =7,815 Jadi ada hubungan yang signifikan antara lama belajar dan metode belajar dengan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar, waktu belajar, metode belajar
Subjects: Faculty of Teacher Training and Education
Faculty of Teacher Training and Education > Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Petrus Suwandi
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:33
Last Modified: 04 Nov 2022 02:33
URI: http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/2388

Actions (login required)

View Item View Item