Lawa, Ambrosius (2017) Keberhasilan belajar siswa ditinjau dari layanan informasi bidang belajar dan motivasi belajar. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) |
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) |
|
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf Download (349kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh layanan informasi bidang belajar dan motivasi belajar terhadap keberhasilan belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X1 SMA Negeri 6 Madiun tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah 220 siswa yang terdiri dari 8 kelas. Teknik sampling yang digunakan penulis adalah Random Cluster. Data diperoleh dengan menggunakan metode angket berbentuk skala yaitu skala keberhasilan belajar siswa, skala layanan informasi bidang belajar dan skala motivasi belajar. Dalam penelitian ini penulis mengajukan 3 hipotesis yaitu Hipotesis minor pertama berbunyi: Terdapat pengaruh yang signifikan layanan informasi bidang belajar dengan keberhasilan belajar siswa, Hipotesis minor kedua berbunyi: Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar dengan keberhasilan belajar siswa dan Hipotesis mayor berbunyi: Terdapat pengaruh yang signifikan layanan informasi bidang belajar dan motivasi belajardengankeberhasilan belajar siswa. Data dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier berganda. Model persamaan garis regresi Y= 15.023+0.551X1+0.468X2 hasil analisis selanjutnya menunjukkan bahwa : 1)Terdapat pengaruh yang signifikan layanan informasi bidang belajar dan motivasi belajar dengan keberhasilan belajar siswa, yang terbukti karena F hit =108.683 dan F tabel =3.08. 2)Terdapat pengaruh yang singnifikan layanan informasi bidang belajar dengan keberhasilan belajar, yang terbukti t hit = 6.046 dan t tabel = 1.659. 3)Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar dengankeberhasilan belajar, yang terbukti t hit = 5.939 dan t tabel =1.659. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan sebagai berikut : 1)karena t hit > t tabel =1.659 maka hipotesis minor pertama diterima. 2)karena t hit > t tabel = 1.659 maka hipotesis minor kedua diterima. 3)karena F hit > F tabel = 108.683 maka hipotesis mayor diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keberhasilan belajar siswa, layanan informasi bidang belajar, motivasi belajar |
Subjects: | Faculty of Teacher Training and Education Faculty of Teacher Training and Education > Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | (staf) Widyawan L. Indra Padma |
Date Deposited: | 26 Mar 2021 04:20 |
Last Modified: | 26 Mar 2021 04:20 |
URI: | http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/1805 |
Actions (login required)
View Item |