Keberhasilan layanan bimbingan dan konseling ditinjau dari kompetensi profesional konselor dan lingkungan sosial sekolah

Putri, Whentika (2015) Keberhasilan layanan bimbingan dan konseling ditinjau dari kompetensi profesional konselor dan lingkungan sosial sekolah. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (502kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (96kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (933kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf

Download (116kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Kompetensi profesional konselor adalah keterampilan dalam layanan bimbingan dan konseling yang diberikan konselor kepada siswa. Salah satu tujuan dari pemberian layanan tersebut adalah agar siswa mampu memahami layanan bimbingan dan konseling dengan baik sehingga siswa bisa mengoptimalkan layanan bimbingan dan konseling. Oleh karena itu pemahaman siswa menjadi kompenen yang sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional konselor dan lingkungan sosial sekolah tehadap keberhasilan layanan bimbingan dan konseling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Madiun tahun ajaran 2014/2015 berjumlah 175 siswa. Teknik sampling yang digunakan penulis adalah sampel jenuh. Data diperoleh dengan menggunakan metode angket berbentuk skala yaitu skala kompetensi profesional konselor, skala lingkungan sosial sekolah, dan skala keberhasilan layanan bimbingan dan konseling. Dalam penelitian ini penulis mengajukan 3 hipotesis yaitu :1) Hipotesis minor pertama yang berbunyi : terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi profesional konselor terhadap keberhasilan layanan bimbingan dan konseling. 2) Hipotesis minor kedua yang berbunyi: terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan sosial sekolah terhadap keberhasilan layanan bimbingan dan konseling. 3) Hipotesis mayor berbunyi: terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi profesional konselor dan lingkungan sosial sekolah terhadap keberhasilan layanan bimbingan dan konseling. Data dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier berganda. Model persamaan garis regresi Y = 56.552+ 0,330 (X1) + 0,126 (X2). Hasil analisis selanjutnya menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi profesional konselor terhadap keberhasilan layanan bimbingan dan konseling yang terbukti t hitung = 3.594dan t tabel = 1,900. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan sosial sekolah terhadap keberhasilan layanan bimbingan dan konseling, yang terbukti t hitung = 1.990 dan t tabel =1,900. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi profesional konselor dan lingkungan sosial sekolah terhadap keberhasilan layanan bimbingan dan konseling, yang terbukti F hitung = 11.390 dan F tabel =3,06. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) karena t hitung > t tabel maka hipotesis minor pertama diterima. 2) karena t hitung> t tabel maka hipotesis minor

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kompetensi profesional konselor, lingkungan sosial sekolah, keberhasilan layanan bimbingan dan konseling
Subjects: Faculty of Teacher Training and Education
Faculty of Teacher Training and Education > Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: (staf) Widyawan L. Indra Padma
Date Deposited: 06 May 2021 06:56
Last Modified: 06 May 2021 06:56
URI: http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/1875

Actions (login required)

View Item View Item