Analisa penerapan biaya bersama (joint cost) untuk menetapkan harga pokok masing-masing jenis produk pada UD. Mitra Usaha Surabaya

Rosiati, Kristina Sulistyo (2002) Analisa penerapan biaya bersama (joint cost) untuk menetapkan harga pokok masing-masing jenis produk pada UD. Mitra Usaha Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.PDF

Download (248kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.PDF

Download (237kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.PDF
Restricted to Registered users only

Download (577kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.PDF
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.PDF
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.PDF

Download (89kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.PDF
Restricted to Registered users only

Download (21kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa bear biaya bersama yang diterapkan kepada masing-masing produk untuk menentukan harga pokok produksi masing-masing produk yang dihasilkan perusahaan. Sedangkan obyek penelitian yang dianalisa adalah kayu ulin yang merupakan bahan baku utama pembuat flooring dan sumpit. Dalam hal ini adalah kayu ulin yang dianalisa, sedang untuk data produksi yang dianalisa adalah data produksi yang terjadi selama tahun 2001. Biaya produksi serta biaya-biaya lainnya yang telah disusun digunakan untuk menghitung alokasi biaya bersama dengan menggunakan metode harga jual relatif . Langkah pertama alokasi adalah menghitung nilai jual relative dengan mengalihkan kualitas produk dengan harga jual produk per unit. Kemudian menghitung nilai pasar hipotesis serta menghitung berapa besar prosentase harga pasar hipotesis. Akhirnya mengalokasikan biaya bersama masing-masing produk untuk menghitung harga pokok masing-masing produk. Pengalokasian biaya bersama ke masing-masing produk yang dilakukan oleh penulis dibandingkan dengan pengalokasian perusahaan. Dari perbandingan tersebut dapat diketahui adanya perbedaan penerimaan laba yang diperoleh perusahaan . Untuk flooring ukuran 18 mm x 90 mm x 900 mm mengalami penurunan laba sebesar Rp. 10.066.200,6, hal ini disebabkan karena harga pokok produk mengalami kenaikan sebesar Rp.313.278. Sedangkan untuk flooring berukuran 18mm x 90 mm x 750 mm, 18 mm x 90 mm x 900 mm serta sumpit berukuran 7 mm x 20 mm x 200 mm mengalami kenaikan masing-masing sebesar Rp.29.199.413,4 , Rp. 30.640,932,4 , Rp. 14.447,283,77. Hal tersebut disebabkan karena adanya penurunan harga pokok, masing-masing sebesar Rp. 31.438 , Rp. 43.720 , Rp. 356.313. Dari analisis yang dibuat diharapkan bisa membantu perusahaan dalam mengalokasikan biaya bersama pada masing-masing produk sehingga perusahaan dapat mengetahui seberapa besar masing-masing produk dapat memberikan kontribusi laba dan perusahaan dapat mengambil keputusan secara tepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kayu ulin, kuantitas produk, pasar hipotesis, flooring
Subjects: Faculty of Economics
Faculty of Economics > Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis > Prodi Akuntansi
Depositing User: Petrus Suwandi
Date Deposited: 05 Apr 2022 04:10
Last Modified: 05 Apr 2022 04:10
URI: http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/2234

Actions (login required)

View Item View Item