Samsiah, Nur (2001) Penguasaan ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan dalam karangan siswa kelas I SLTP 4 Magetan Tahun 2001/2002. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.PDF Download (478kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.PDF Download (225kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.PDF Restricted to Registered users only Download (621kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.PDF Restricted to Registered users only Download (243kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.PDF Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.PDF Download (153kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.PDF Restricted to Registered users only Download (71kB) |
Abstract
Menyadari betapa pentingnya penguasaan bahasa, maka sudah sepantasnya apabila penggunaan bahasa di sekolah di tingkatkan. Dengan menggunakan bahasa secara baik dan benar diharapkan para siswa akan mampu menyampaikan gagasan, perasaan, kemauan dengan jelas dan latar. Sebenarnya usaha pemerintah untuk meningkatkan penguasaan bahasa para siswa telah banyak dilakukan antara lain dengan mengadakan penataran-penataran kebahasaan bagi guru bahasa Indonesia, namun hasilnya masih jauh dari harapan. Oleh karena itu, penulis sebagai guru bahasa dan sastra Indonesia sudah sepantasnya ikut berbuat nyata meningkatkan penguasaan bahasa bagi para siswa. Perbuatan nyata akan diwujudkan dalam bentuk penulisan. Adapun tujuan penelitian ini secara umum ialah ingin mengetahui tingkat penguasaan ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan siswa kelas I SLTP 4 Magetan. Khususnya ejaan bahasa Indonesia penulisan huruf besar, kata ulang, tanda baca seperti tanda baca titik, koma, dan tanda pisah. Penelitian ini dirancang untuk memperoleh informasi objektif tentang kesalahan-kesalahan siswa dalam menulis karangan. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif, yaitu suatu penelitian yang data-datanya berupa angka-angka atau mencari jumlah persentase kesalahan siswa dalam menuliskan ejaan yang benar pada suatu karangan. Dari hasil penulisan secara keseluruhan jumlah siswa yang mempunyai kesalahan dalam penulisan huruf besar sebanyak 17 anak dan yang benar 33 anak. Dalam penulisan kata ulang siswa yang melakukan kesalahan sebanyak 3 anak dan yang benar sebanyak 25 anak dan yang benar 15 anak pemakaian tanda baca siswa yang melakukan sebanyak 5 anak yang benar 35 anak pemakaian tanda pisah siswa yang melakukan kesalahan sebanyak 6 anakdan yang benar 34 anak. Dari hasil penelitian penulisan ejaan yang disempurnakan pada seluruh siswa di atas dirinci sebagai berikut : penguasaan siswa dalam penulisan huruf besar yang mendapat nilai baik sekali, baik dan cukup berjumlah 75%, sedang siswa yang mendapat nilai kurang berjumlah 25%. penguasaan penulisan kata ulang siswa yang mendapat nilai baik sekali, baik dan cukup berjumlah 97,5%, sedang siswa yang mendapat nilai kurang berjumlah 2,5%. penguasaan penulisan tanda baca titik siswa mendapat nilai baik sekali, baik dan cukup berjumlah 80%, sedang siswa yang mendapat nilai kurang berjumlah 20%. penguasaan penulisan tanda baca koma siswa yang mendapat nilai kurang berjumlah 0%. sedangkan penguasaan penulisan tanda pisah siswa yang mendapat nilai baik sekali,baik dan cukup berjumlah 87,5%, sedang siswa yang mendapat nilai kurang berjumlah 2,5%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ejaan, karangan siswa, penguasaan bahasa |
Subjects: | Faculty of Teacher Training and Education Faculty of Teacher Training and Education > Education of Indonesian Language and Literature |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Petrus Suwandi |
Date Deposited: | 03 Jun 2022 08:08 |
Last Modified: | 03 Jun 2022 08:08 |
URI: | http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/2303 |
Actions (login required)
View Item |