Pengaruh jurusan dan latar belakang pekerjaan orang tua terhadap kemampuan menulis siswa SMK Maospati tahun ajaran 1995-1996

Sudarti, Sudarti (1997) Pengaruh jurusan dan latar belakang pekerjaan orang tua terhadap kemampuan menulis siswa SMK Maospati tahun ajaran 1995-1996. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .PDF

Download (10MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.PDF

Download (9MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.PDF
Restricted to Registered users only

Download (22MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.PDF
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.PDF
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.PDF

Download (4MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN .PDF
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Berdasarkan rumusan masalah tentang kemampuan menggunakan bahasa baku dalam karya tulis siswa SMK Maospati ditinjau dari jurusan dan pekerjaan orang tua, maka tujuan yang ingin dicapai adalah: 1. Mengetahui adanya pengaruh menggunakan bahasa baku ditinjau dari Jurusan. 2. Mengetahui adanya pengaruh menggunakan bahasa baku ditinjau dari pekerjaan orang tua . Tinjauan di atas didasarkan pada masalah menggunakan bahasa baku, terutama penulisan ejaan, tanda titik kurang diperhatikan oleh siswa maupun tulisan tersebut dapat dibaca dan mudah untuk dipahami. Selain itu, adanya anggapan bahwa menulis itu bervariasi dalam membuat bentuk tulisan sehingga masalah ini sangat sulit untuk dibenahi. Berbicara mengenai penggunaan bahasa baku dan pengajarannya, tentu tidak lepas dari pengertian bahasa baku, Bahasa adalah ucapan pikiran manusia dengan teratur memakai alat bunyi. Sedangkan bahasa baku adalah bahasa pokok, bahasa utama atau bahasa standar, yaitu bahasa utama untuk ketetapan yang sudah berlaku dibuat dan disepakati bersama mengenai ejaan, tatabahasa , kosa kata dan istilah. Dari landasan teori tersebut , maka hipotesis yang telah dikemukakan penulis sebagai berikut: 1. Ada perrbedaan kemampuan menggunakan bahasa baku siswa terhadap Jurusan, 2. Ada perbedaan kemampuan menggunakan bahasa baku siswa yang berlatar belakang pekerjaan orang tua Adapun ciri-cirinya kalimat baku menurut St. Moelyono yaitu : 1) Ciri sintaksis yang merupakan urutan kelompok kata yang menjadi suku-suku kalimat: 2) ditandai oleh penggunaan fungsi gramatikal (subyek, predikat, dan objek ) secara eksplisir dan konsisten ; 3) Ditandai oleh ciri semantik. Pemilihan dan penggunaan kata dalam kalimat baku bahasa Indonesia harus tepat sesuai dengan maknanya; 4) Ditandai dengan ciri morfologis, Penggunaan bentuk kata dalam kalimat baku tidak boleh melanggar sistem moefologis bahasa Indonesia ; 5) Ditandai oleh ciri leksikal. Dengan dilaksanakan penelitian tentang kemampuan menggunakan bahasa baku siswa SMK maospati, maka data hasil penelitian tersebut akan diperoleh melalui tingkat kemampuan siswa melalui karya tulis berupa deskripsi atau eksposisi. Tingkat kemampuan menngunakan bahasa baku dalam karya tulis, siswa ini sebagai hasil kegiatan belajar mengajar, menurut ketentuan yang tercantum dalam kurikulum SMK 1994 yang telah diinstruksikan pelaksanaanya oleh pemerintah. Dalam penelitian ini, yang menjadi populasi adalah siswa kelas 1. Kemudian penentuan waktu pelaksanaan penelitian, didasarkan pada jam pelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas 1 SMK Maospati, bulan Maret 1997, dengan sampel sebanyak 100 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik random sampling sederhana, sedangkan untuk memperoleh data yang digunakan berupa instrument mengarang berupa eksposisi atau deskripsi selama 90 menit. Prosedur pelaksanaan penelitian yang akan dilakukan melalui tahap –tahap berikut: (1) pengajuan proposal (2) penyusunan instrumenpenelitian (3) bahan pengolahan (4) bahan diteskan (5) mempersiapkan kepustakaan: (6) penyusunan instrument penelitian ; dan (7) uji coba instrument, Metode penelitian yang digunakan adalah studi perbandingan secara expost facto. Penelitian Exd facto merupakan metode yang dapat dipakai dalam situasi yang dihadapi oleh banyak penelitian pendidikan. Dalam teknik analisis data penelitian dilakukan dengan rangkaian tahap-tahap berikut: 1. Menentukan distribusi frekuensi; 2. Menghitung angka mean, median, modus dan standar deviasi; 3. Menguji hipotese data dengan uji “t”. Dari analisis data hipotesis pertama diterima dengan taraf signifikasi, karena nilai t rasio lebih besar dari pada t tabel pada taraf signifikasi, karena nilai t rasio lebih besar dari pada t tabel pada taraf signifikasi 0,05 yaitu 2.00. Hipotesis kedua diterima dengan taraf signifikansi 0,05, yaitu 2.00 Berdasarkan data yang telah diperoleh dari penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa: 1. Kemampuan menulis bahasa baku siswa yang jurusan akuntansi lebih baik apabila dibandingkan dengan siswa yang jurusan managemen bisnis. 2. Kemampuan menulis bahasa baku siswa yang berlatar belakang pekerjaan orang tua tani lebih baik daripada pekerjaan oarng tua yang bukan tani.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: bahasa baku, ejaan, tatabahasa , kosa kata, istilah
Subjects: Faculty of Teacher Training and Education
Faculty of Teacher Training and Education > Education of Indonesian Language and Literature
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Petrus Suwandi
Date Deposited: 16 Nov 2022 03:14
Last Modified: 16 Nov 2022 03:14
URI: http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/2408

Actions (login required)

View Item View Item