Sriyati, Sriyati (2000) Tingkat kemampuan menulis paragraf siswa kelas III SLTP Negeri 2 Maospati tahun pelajaran 2000/2001. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .PDF Download (388kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I .PDF Download (107kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.PDF Restricted to Registered users only Download (649kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III .PDF Restricted to Registered users only Download (138kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV .PDF Restricted to Registered users only Download (194kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V .PDF Download (101kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN .PDF Restricted to Registered users only Download (128kB) |
Abstract
Kemampuan siswa dalam menulis paragraf perlu diketahui sebab kemampuan ini mendasari kemampuan menulis karangan yang utuh. Kalimat-kalimat dalam paragraf biasanya tertata secara teratur sebagaimana susunan pikiran dalam karangan yang utuh. Dengan kata lain, keterampilan menulis paragraf sedikit banyak mencerminkan keterampilan menulis karangan. Berkaitan dengan hal diatas, kemampuan siswa dalam menulis paragraf perlu diketahui. Informasi ini akan berguna bagi guru maupun bagi siswa yang bersangkutan. Hal inilah yang mendorong penulis untuk mengadakan penelitian tentang “tingkat kemampuan menulis paragraf siswa kelas III SLTP negeri 2 Maospati tahun ajaran 2000/2001 Berdasarkan latar belakang masalah diatas, masalah dalam penelitian ini adalah a.Seberapa tinggi kemampuan siswa menulis paragraf deduktif? b.Seberapa tinggi kemampuan siswa menulis paragraf induktif? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan menulis paragaf para siswa SLTP Negeri maospati Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat. Pertama memberikan informasi yang objektif kepada guru bahasa Indonesia, dalam upaya meningkatkan motivasi dan kemampuan siswa kelas III dalam menulis paragraf. Populasi yang diambil untuk penelitian adalah siswa kelas III SLTP Negeri 2 Maospati tahun ajaran 2000/2001 yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah siswa 168 orang siswa. Sampelnya 42 orang siswa atau satu kelas satu yaitu kelas III A sebagai sampelnya. Pengambilan sampek dilakukan secara sampling yang diambil secara acak Untuk menentukan tingkat kemampuan siswa digunakan untuk menganalisis data. Data yang berupa skor diperoleh tes menulis paragraf deduktif dan induktif Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1.Rata-rata kemampuan siswa kelas III SLTP Negeri 2 Maospati dalam menulis paragraf deduktif adalah cukup, yaitu dengan skor rata-rata 78,57% Rata-rata kemampuan siswa kelas III SLTP Negeri 2 maospati dalam menulis paragraf indikuktif adalah cukup, yaitu dengan skor rata-rata 7143%
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | menulis paragraf, motivasi, karangan |
Subjects: | Faculty of Teacher Training and Education Faculty of Teacher Training and Education > Education of Indonesian Language and Literature |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Petrus Suwandi |
Date Deposited: | 25 Oct 2022 02:06 |
Last Modified: | 25 Oct 2022 02:06 |
URI: | http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/2327 |
Actions (login required)
View Item |