Haryanto, Hery (1998) Kemampuan menggunakan pilihan kata dalam wacana eksposisi siswa kelas I SLTPN 2 Sukomoro Magetan tahun pelajaran 1998/1999. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .PDF Download (380kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.PDF Download (324kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.PDF Restricted to Registered users only Download (323kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.PDF Restricted to Registered users only Download (765kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.PDF Download (167kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN .PDF Restricted to Registered users only Download (472kB) |
Abstract
Kemampuan untuk memilih kata atau diksi dalam suatu kalimat merupakan hal penting bagi siswa. Hal ini dikarenakan kemampuan memilih kata atau diksi menunjukkan kemampuan siswa dalam bidang kebahasaan . Kemampuan ini dapat dilihat dari kemampuan siswa dalam menggunakan pilihan kata atau diksi yang tepat baik dalam berbahasa lesan ataupun dalam berbahasa tulis. Penggunaan pilihan kata atau diksi yang tepat akan membantu siswa untuk memilih kata atau diksi yang sesuai dengan arti atau makna yang dimaksud dalam suatu pengertian yang terdapat dalam kalimat sesuai dengan konteksnya. Pemilihan kata atau diksi sangat perlu dikuasai oleh siswa serta penerapannya dalam kalimat tulis khusunya dalam wacana eksposisi. Penerapan kata yang tepat dalam kalimat tulis membantu siswa dalam memahami makna atau arti sesuai dengan konteks kelimat. Pemakaian pilihan kata atau diksi yang tepat dan tidak sesuai akan menyebabkan keracunan arti. Pemakaian pilihan kata ini menunjukkan siswa belum dapat menggunakan pilihan kata atau diksi suatu kalimat dengan tepat dan benar. Oleh karena itu pemilihan kata atau diksi ini sangat penting dalam hubungannya dengan kemampuan siswa dalam berbahasa khususnya menggunakan pilihan kata atau diksi yang tepat dan sesuai dalam kalimat maka kemampuan siswa perlu ditingkatkan. Dalam hal ini guru bahasa Indonesia yang mengajarkan mata pelajaran bahasa Indonesia meningkatkan kemampuan siswa dalam pemilihan kata atau diksi yang tepat dan sesuai berdasarkan konteks kalimatnya yang dimaksud. Selain itu siswa dapat menggunakan berbagai macam variasi kata yang tepat dan sesuai berdasarkan konteks kalimat. Kemampuan siswa dalam pemilihan kata atau diksi dapat dikembangkan dan ditingkatkan lebih lanjut di tingkat SLTP. Untuk itu peranan guru bahasa Indoensia sangat diperlukan dalam membantu siswa khususnya siswa kelas I. Dalam penelitian ini dirumuskan masalah yang sesuai dengan latar belakang penelitian yang dilakukan oleh penulis. Adapun masalah yang akan diteliti oleh penulis meliputi pemilihan kata atau diksi yang tepat dan sesuai berdasarkan konteks dalam kalimat tulis khususnya wacana eksposisi dan penggunaan kata yang tepat dan sesuai berdasarkan konteks dalam kalimat tulis khususnya dalam wacana eksposisi. Tujuan penulis yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu penulis ingin mengetahui kemampuan siswa dalam pemilihan kata atau diksi yang tepat dan sesuai berdasarkan kontek dalam kalimat tulis. Khususnya wacana eksposisi siswa kelas I. Selain itu penulis ingin mengetahui kemampuan siswa dalam menggunakan kata yang tepat dan sesuai berdasarkan konteks dalam kalimat tulis khususnya wacana eksposisi siswa kelas I. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode kepustakaan. Metode kepustakaan dipergunakan oleh penulis sebagai dasar atau acuan teori. Selain itu penulis juga menggunakan metode penelitian diskriptif yang bertujuan membuat gambaran secara sistematis tentang suatu keadaan atau permasalahan secara faktual dan teliti. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penulis diperoleh hasil penggunaan pilihan kata siswa SLTPN 2 Sukomoro Magetan dalam wacana eksposisi sebanyak 72,50%. Hasil ini menunjukkan bahwa kemampuan menggunakan pilihan kata siswa kelas I SLTPN 2 Sukomoro Magetan termasuk dalam kategori baik. Setelah penulis mengadakan penelitian dapat diambil simpulan bahwa kemampuan menggunakan pilihan kata dalam wacana eksposisi yang tepat berdasarkan konteknya lebih tinggi dibandingkan dengan penggunaan pilihan kata yang tidak tepat. Untuk itu perlu peningkatan dalam pengajaran pilihan kata kepada siswa kelas satu (I). Selain itu penulis juga memberikan agar guru bahasa Indonesia meningkatkan kemampuan siswa kelas I menggunakan pilihan kata atau diksi yang tepat dan benar sesuai dengan konteksnya. Di samping itu siswa dapat menggunakan variasi kata dalam karangan atau wacana eksposisi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kata, diksi, wacana eksposisi |
Subjects: | Faculty of Teacher Training and Education Faculty of Teacher Training and Education > Education of Indonesian Language and Literature |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Petrus Suwandi |
Date Deposited: | 22 Nov 2022 02:30 |
Last Modified: | 22 Nov 2022 02:30 |
URI: | http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/2420 |
Actions (login required)
View Item |